23 Februari 2009

St Eugenius de Mazenod : Bapa Pendiri Kongregasi OMI ( 1 )

Masa Muda Eugenius

Eugenius de Mazenod ( yang sewaktu kecil biasa dipanggil dengan sebutan “Zeze”) lahir pada tanggal 1 Agustus 1782 di kota Aix-en-Provence, Perancis. Ayahnya bernama Charles-Antoine de Mazenod. Ia seorang bangsawan sekaligus seorang ahli hukum yang sejak usia 26 tahun sudah menjabat sebagai Kepala kantor Badan Pengawas Keuangan Negara di Provence yang berkantor di kota Aix. Ibunya Marie-Rose Joannis, bukan keturunan bangsawan tetapi memang berasal dari salah satu keluarga kaya raya. ( Kakek Eugenius adalah seorang profesor di fakultas Obat-obatan di Universitas Aix sekaligus penasehat Raja. Beliau juga mempunyai usaha apotek yang maju.) Eugenius mempunyai seorang adik perempuan yang bernama Charlotte Eugenie Antoinette atau biasa dipanggil dengan sebutan “Ninette”.
Ketika Revolusi Perancis berkobar pada tahun 1789, Eugenius terpaksa berpisah dari ibunya dan mengikuti ayahnya melarikan diri dari kejaran tentara revolusi. Selama sekitar 11 tahun ia harus pindah dari kota yang satu ke kota yang lain. Ia meninggalkan Aix dan menyembunyikan diri di beberapa kota seperti Nice, Turin, Venesia, Napoli, Palermo dan akhirnya setelah Napoleon berkuasa, Eugenius bisa kembali lagi ke kampung halamannya.
Pada tahun 1807, bertepatan dengan hari Jumat Agung, saat sedang berdoa di hadapan salib Kristus, Eugenius menerima pengalaman rohani yang dahsyat. Pada saat itu mata hatinya terbuka akan betapa besarnya kasih Allah kepadanya melalui PuteraNya Kristus sang Penyelamat dunia. Eugenius menjadi sadar akan masa lalunya yang penuh dosa. Ia merasa begitu terlambat membalas kasih Allah. Sejak hari itu Eugenius bertekad untuk hidup demi Allah. Ia mau menjadi Rekan Kerja Kristus Sang Penyelamat.
Pada tanggal 12 Oktober 1808 (hampir setahun setelah pengalaman Jumat Agung itu), Eugenius masuk seminari St.Sulpice di Paris. Akhirnya ia ditahbiskan sebagai seorang imam pada tanggal 21 Desember 1811.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar