20 Maret 2009

Santo Eugenius de Mazenod : Bapa Pendiri Kongregasi OMI ( 4 )


Lahirnya Misionaris dari Provence



Selama kurang lebih tiga tahun, Eugenius menjalankan karya pelayanan bagi kaum miskin, kaum muda dan para tahanan.
Setelah menyadari bahwa karya kerasulan macam itu akan lebih efektif bila tidak dikerjakan sendirian, Eugenius mulai mencari teman. Meski tidak mudah, akhirnya toh bisa mendapatkan 4 teman, yaitu Henri Tempier 26 th, Jean-Francois Deblieu 26 th, Auguste Icard 25 th, dan Pierre Nolasque Mie 47 th.

Pada tanggal 25 Januari 1816, pada pesta Pertobatan Santo Paulus, mereka mulai sebuah komunitas –yang terdiri dari beberapa imam projo- yang diberi nama Misionaris dari Provence. Pada tanggal itu pula mereka menulis dan menandatangani surat permohonan kepada Vikjen Keuskupan Aix bagi berdirinya kelompok itu. Adapun tujuan kelompok itu adalah : 1) untuk menjalankan misi demi “mengkristenkan kembali” kota-kota kecil dan desa-desa dalam wilayah Provence yang hampir seluruhnya kehilangan iman mereka ; 2) untuk “membentuk sebuah komunitas misionaris yang mempunyai sebuah aturan tertentu, sehingga mereka dapat melayani keuskupan dan pada saat yang bersamaan mengusahakan kesucian mereka seturut dengan panggilan khusus ini”.

Tanggal 29 Januari 1816, Vikjen mengabulkan permohonan mereka. Maka secara hukum, kelompok ini di bawah kewenangan ordinaris keuskupan.
Setelah pengesahan tersebut, mereka menjalani retret selama 10 hari sebagai persiapan pertama misi paroki, yang akan mereka mulai pada tanggal 11 Februari di sebuah tempat yang bernama Grans.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar